Motif Batik Kawung Dan Truntum, Dua Jenis Motif Batik Andalan Kota Solo

Batik merupakan peninggalan dari leluhur kita, masyarakat Indonesia, yang ada hingga saat ini. Batik memiliki eksistensi yang kuat sehingga mampu membuat banyak orang menggemari kain batik. Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang memilih kain batik terutama batik Solo sebagai bahan dasar pembuatan pakaian mereka.

Salah satu kota penghasil batik yang terkenal di Indonesia adalah kota Solo. Kota ini begitu kaya akan sejarah dan merupakan salah satu kota yang terkenal di Jawa Tengah karena keragaman budayanya. Kota Solo atau Surakarta ini juga merupakan bekas wilayah kekuasaan kraton sehingga ada banyak tradisi kota Solo yang masih dijaga hingga kini.

Berbagai motif batik dari Solo yang cukup populer

Tidak seperti kota lainnya, kota Surakarta memiliki lebih dari 1 motif batik yang terkenal hingga ke seantero negeri. Namun ada 3 jenis motif batik yang diketahui menjadi yang terpopuler diantara motif batik lainnya yang berasal dari kota Solo.

Motif pertama adalah motif batik “Kawung”. Motif batik Solo yang satu ini terinspirasi dari bentuk buah kawung atau kolang-kaling. Buah ini begitu manis dan sering digunakan sebagai isian minuman es dawet. Jika dilihat lebih teliti, motif buah kawung ini disusun sedemikian rupa dalam bentuk diagonal dengan sebuah lingkaran kecil di tengahnya. Motif batik Kawung sekilas terlihat berbentuk seperti bunga.

Salah satu jenis motif batik lain yang begitu populer dan menjadi ciri khas batik Solo adalah motif batik “Truntum”. Motif batik yang satu ini berbentuk seperti kumpulan bintang yag berjajar rapi di atas sehelai kain. Motif batik Truntum biasanya memiliki warna gelap sebagai perpaduan antara langit gelap dengan berbagai bintang yang menghiasinya.

Baik motif batik Kawung maupun batik Truntum, kedua jenis motif batik tersebut merupakan batik andalan dari kota Solo. Saking terkenalnya, banyak toko batik yang menyediakan kain batik dengan kedua jenis motif tersebut. Anda bisa dengan mudah menemukan batik Kawung dan batik Truntum ketika berbelanja di berbagai toko batik yang ada di Indonesia.

Read More

Panduan untuk Vitamin B Kompleks

Ada banyak diskusi tentang vitamin B kompleks dan bagaimana sangat penting bagi tubuh untuk melakukan banyak fungsi. Namun, vitamin B kompleks bukan hanya satu vitamin yang sangat rumit, seperti namanya. Sebenarnya ada delapan vitamin B yang ada dalam vitamin B kompleks serta beberapa zat terkait lainnya. Delapan vitamin yang membentuk vitamin B kompleks adalah tiamin atau vitamin B1, riboflavin atau vitamin B2, niasin atau vitamin B3, piridoksin atau vitamin B6, kobalamin atau vitamin B12, asam folat, asam pantotenat dan biotin. Zat terkait lainnya yang juga ada dalam vitamin B kompleks termasuk kolin, inositol, dan asam para-aminobenzoat.
Setiap bagian dari vitamin B kompleks melakukan fungsi individualnya sendiri di dalam tubuh tetapi ketika mereka bekerja bersama sebagai vitamin B kompleks, mereka memberikan pemeliharaan penting agar tubuh tetap sehat. Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B yang larut dalam air dan sangat penting bahwa vitamin ini dikonsumsi setiap hari. Tubuh tidak dapat menyimpan vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B kompleks dan ini menyebabkan asupan teratur diperlukan.
Vitamin B kompleks sangat bermanfaat untuk sejumlah kondisi dan mungkin dibutuhkan dalam jumlah tambahan pada waktu-waktu tertentu dalam kehidupan seseorang. Tentu saja, ada tunjangan harian yang direkomendasikan untuk vitamin B kompleks yang bervariasi sesuai dengan jenis kelamin dan usia seseorang. Namun, dokter dan profesional kesehatan lainnya telah menemukan manfaat dari meningkatkan asupan vitamin B kompleks untuk membantu mengatasi penyakit tertentu.
Banyak orang menderita kecemasan dan stres pada satu waktu atau yang lain dan penelitian telah menemukan bahwa vitamin B kompleks dapat bermanfaat dalam membantu meringankan gejala kecemasan dan stres. Jika seseorang tidak sehat, vitamin B kompleks dapat sangat berharga dalam membantu proses pemulihan. Kelelahan dapat menjadi gejala dari banyak penyakit serta hal-hal yang berlebihan tetapi vitamin B kompleks dapat membantu mengurangi kelelahan umum dan kelesuan.
Menariknya, beberapa kondisi kulit, seperti dermatitis, juga dapat memperoleh manfaat dari penambahan asupan vitamin B kompleks. Bahkan, sejumlah krim dan preparat kulit lainnya mengandung tambahan vitamin B kompleks yang dapat diserap oleh kulit untuk meringankan kondisi tersebut. Kondisi rambut seseorang juga akan sangat meningkat dengan asupan vitamin B kompleks yang cukup.

Read More

Pentingnya vitamin 12 B

Vitamin 12 b adalah salah satu vitamin b yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Atau dikenal sebagai Cobalamin, vitamin 12b diperlukan untuk proses mengubah karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan menjadi energi. 12 b juga, yang lebih penting, membantu menjaga sel darah merah tetap sehat dan karenanya mencegah penyakit jantung serta menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi pada tingkat maksimum. Selain itu, 12 b digunakan untuk membuat tutup pelindung semua sel saraf dalam tubuh.

Fungsi terpenting dari 12 b adalah untuk membentuk sel darah merah yang sehat. Namun, semua sel membutuhkan 12 b untuk membuatnya tetap sehat. Ini adalah sel-sel darah putih, di antara yang lain, yang membutuhkan 12 b untuk membantu memastikan bahwa sistem kekebalan berfungsi dengan baik. Semua sel-sel saraf dalam tubuh juga membutuhkan 12 b untuk membentuk lapisan lemak pelindung mereka. Ini penting untuk semua saraf tetapi terutama bagi mereka yang ada di otak. Jika tidak ada cukup 12 b untuk membuat lapisan pelindung ini maka otak tidak akan berfungsi dengan baik.

Menariknya, jumlah 12 b yang dibutuhkan tubuh relatif kecil tetapi dibutuhkan secara teratur. Namun, 12 b sendiri tidak cukup karena tubuh tidak dapat menyerapnya dengan mudah. Untuk membantu tubuh menyerap 12 b perut menghasilkan faktor intrinsik yang memungkinkan lebih dari 12 b diserap. 12 b hanya ditemukan dalam makanan hewani seperti hati, telur, ikan dan daging tetapi kebanyakan orang mengkonsumsi jauh lebih banyak daripada jumlah harian yang direkomendasikan yaitu 12 b. Ini bukan masalah karena tubuh hanya dapat menyerap sekitar setengah dari 12 b yang dikonsumsi. Perlu juga dicatat bahwa tubuh dapat mendaur ulang 12 b yang mengurangi dampak kekurangan 12 b. Namun, vegetarian atau vegan yang ketat cenderung membutuhkan suplemen 12 b jika mereka tidak makan produk hewani yang mengandung 12 b.

Jika tubuh tidak memiliki cukup 12 b maka anemia adalah gejala yang paling jelas. Jelas, ini disebabkan oleh fakta bahwa tidak ada cukup 12 b untuk membuat sel darah merah yang sehat. Anemia juga dapat disebabkan oleh tubuh tidak menciptakan faktor intrinsik yang cukup untuk membantu menyerap 12 b yang tersedia dalam makanan yang dikonsumsi. Tubuh cenderung membuat lebih sedikit faktor intrinsik begitu seseorang mencapai 50 dan ini akan menyebabkan kurang 12 b diserap dan suplemen 12 b mungkin diperlukan. Anak-anak juga berisiko terkena anemia karena mereka mungkin tidak makan makanan yang mengandung 12 b. Wanita hamil membutuhkan lebih dari 12 b karena bayi menyerap 12 b selama kehamilan untuk tumbuh dengan baik

Read More